Wali Kota Tangerang Minta Masyarakat Bantu Mereka yang Terdampak Covid-19

Wali Kota Tangerang Minta Masyarakat Bantu Mereka yang Terdampak Covid-19

Terbaiknews - TANGERANG- Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengimbau masyarakat agar jangan mengucilkan...

TANGERANG, - Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengimbau masyarakat agar jangan mengucilkan mereka yang sedang dikarantina atau berstatus orang dalam pengawasan (ODP) di rumah maupun yang sudah berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

Pasalnya, apabila masyarakat mengucilkan, justru mereka yang mengkarantina diri kesulitan baik terkait akses pangan maupun penghasilan.

"Itu justru yang harus dibantu, keluar beli makanan malah nularin yang lain malah bahaya," kata dia dalam sambungan telepon kepada Kompas.com, Kamis (26/3/2020).

Wali Kota Tangerang Marahi Wartawan yang Masih Kerja Lapangan di Tengah Wabah Corona

Untuk mengurangi beban PDP dan ODP ataupun mereka yang positif Covid-19, masyarakat diminta membuat gerakan sedekah lumbung warga.

"Di tiap kampung nantinya dimintai seikhlasnya minimal satu rumah satu gelas beras dikumpulkan di RW, siapa yang penghasilannya terdampak dibantu beras dan lauknya," kata dia.

Bukan hanya berstatus ODP dan PDP, Arief juga mengatakan gerakan tersebut merupakan jaring pengaman sosial dari dampak Covid-19 yang juga berdampak pada penghasilan warga.

"Kalaupun dia enggak ODP, kalau ada masyarakat yang enggak kerja (karena Covid-19) kan saling bantu, apalagi yang ODP PDP, daripada dia keluar malah bikin nular," ujar dia.

Pemkot Tangerang Tempatkan 50 Bilik Disinfektan di Puskesmas dan Rumah Sakit

Arief meminta setiap RW mengatur program lumbung sedekah tersebut sebagai bentuk pencegahan dampak sosial akibat imbauan diam di rumah.

Dia berharap kebijakan tersebut bisa memberikan dampak optimisme masyarakat memutus rantai penularan Covid-19.

"Kita ingin bantunya antar sesama tetangga dan masyarakat. Kita bikin lumbung warga, nanti RW yang atur," tutur Arief.