Tangsel Masih Manfaatkan TPA Cipeucang, Belum Kirim Sampah ke Serang

Tangsel Masih Manfaatkan TPA Cipeucang, Belum Kirim Sampah ke Serang

Terbaiknews - TANGERANG SELATANKOMPAS.com - Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan menyatakankerja sama...

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan menyatakan, kerja sama penanganan sampah dan pemanfaatan tempat pembuangan akhir ( TPA) Cilowong dengan Pemerintah Kota Serang belum berjalan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan Toto Sudarto menjelaskan, kerja sama tersebut saat ini masih dalam pembahasan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tangerang Selatan.

Kendati demikian, dia enggan menjelaskan pembahasan yang dimaksud dan target dimulainya kerjasama penampungan sampah Tangerang Selatan di Kota Serang.

"Masih pembahasan di Dewan (DPRD Tangerang Selatan). Dibilang lagi dibahas," ujar Toto, Rabu (3/2/2021).

TPA Cipeucang Penuh, Tangsel Bakal Kirim 400 Ton Sampah per Hari ke Serang

Saat ini, kata Toto, Pemerintah Kota Tangerang Selatan masih memanfaatkan TPA Cipeucang yang pernah longsor.Toto menyebutkan, lokasi TPA Cipeucang yang longsor sudah diperbaiki dan masih dapat menampung sampah untuk sementara waktu.

Namun, dia menolak menjelaskan secara rinci daya tampung yang dimiliki TPA tersebut saat ini.

"Masih pakai TPA Cipeucang, longsor sudah diperbaiki," ujar dia.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan sebelumnya diberitakan menjalin kerja sama dengan Kota Serang, Banten. Salah satunya terkait pemanfaatan TPA sampah di Cilowong untuk menampung sampah dari Tangerang Selatan.

Separuh sampah yang dihasilkan Tangerang Selatan akan dikirimkan ke Kota Serang lantaran TPA Cipeucang sudah penuh dan over kapasitas.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Tangerang Selatan, Bambang Noertjahjo menjelaskan, sekitar 400 ton dari total 800 ton sampah yang dihasilkan warga Tangsel per hari akan ditampung ke TPA Cilowong, Kota Serang.

"(Sebanyak) 400 ton maksimal per hari, tapi kan tentatif tergantung produksi sampah per hari," ujar Bambang pada 29 Januari 2021.

Saat ini, lanjut Bambang, pihaknya masih membahas soal teknis kerja sama pengelolaan dan penampungan sampah tersebut. Pembahasan terkait kerja sama tersebut ditargetkan rampung paling lambat April mendatang.

Berita dengan kategori