Sudin Pertamanan Jakpus Tak Punya Alat untuk Deteksi Kondisi Akar Pohon

Sudin Pertamanan Jakpus Tak Punya Alat untuk Deteksi Kondisi Akar Pohon

Terbaiknews - KOMPAS.com - Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta PusatMila Ananda mengatakan,...

, KOMPAS.com - Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda mengatakan, pihaknya tak punya alat untuk mendeteksi kondisi akarpohon. Hal ini membuat upaya untuk mencegah pohon tumbang menjadi lebih sulit.

"Kami di dinas itu hanya punya alat deteksi batang pohon. Belum sampai ke akar. Jadi kalau akar kami sulit mendeteksinya," kata Mila, Kamis (4/2/2021).

Dalam dua hari terakhir, ada dua pohon yang tumbang di Jakarta Pusat dan menimpa kendaraan. Kemarin, sebuah pohon besar tumbang di Jalan Rawasari IX, Kelurahan Cempaka Putih Timur, menimpa dua sepeda motor serta pagar rumah warga.

Satu Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Menteng, Pemda Bakal Beri Asuransi untuk Korban

Hari ini, sebuah pohon tumbang di Jalan Purworejo, Menteng, dan menimpa sebuah mobil Innova yang tengah melintas.

Mila menyebutkan, kedua pohon yang tumbang itu baru-baru ini sudah dicek kondisinya. Dari pemeriksaan kondisi batang pohon, diketahui bahwa pohon itu masih kokoh.

"Kami kan tidak bisa main tebang begitu saja kalau masih bagus," kata dia.

Namun ternyata dua pohon itu sudah keropos di bagian akarnya. Hal itu tidak terdeteksi karena Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus tak memiliki alat deteksi akar pohon.

"Anggaran sampai saat ini belum memungkinkan untuk pengadaan karena masih untuk penanganan Covid-19 semua. Ke depan, kami berharap bisa disetujui pengadaan alat untuk mendeteksi sampai ke akar. Jadi antisipasinya lebih baik," kata dia.