RSU Pakulonan Tangsel Ditargetkan Maret 2021 Bisa Tangani Pasien Covid-19

RSU Pakulonan Tangsel Ditargetkan Maret 2021 Bisa Tangani Pasien Covid-19

Terbaiknews - TANGERANG SELATANKOMPAS.com -Rumah Sakit Umum (RSU) PakulonanSerpong UtaraTangerang Selatan,...

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com -Rumah Sakit Umum (RSU) Pakulonan, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten, yang akan dijadikan sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19 belum bisa beroperasi pada Februari ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Deden Deni menjelaskan, rumah sakit baru tersebut ditargetkan bisa beroperasi pada awal Maret 2021.

Saat ini, pihaknya masih masih mengurus proses perizinan sekaligus mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Alat Medis Belum Ada, Pemanfaatan RSU Pakulonan Tangsel untuk Pasien Covid-19 Molor hingga Februari

"Target awal Maret beroperasi. Kami sudah hitung dari hari ini, kami ini hari keberapa berproses. Di perizinan kan sudah berjalan tuh, kami punya time table," ujar Deden dalam keterangan yang diterima wartawan, Kamis (4/2/2021).

Menurut Deden, target pengoperasian RSU Pakulonan sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19 juga menyesuaikan dengan tahapan persiapan yang saat ini sudah berjalan 70 persen.

"Ya sudah lebih dari setengah jalan. Lebih dari 50 persen. Sudah 60-70 persen," ungkapnya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Imbar Umar Gazali sebelumnya menjelaskan, gedung rumah sakit tersebut memang sudah selesai dibangun. Namun, perlengkapan atau peralatan medis di dalamnya sampai saat ini belum tersedia.

"Untuk bangunannya sudah selesai dibangun, kalau alat-alatnya masih belum. Ada yang masih proses pemesanan, ada yang akan diambil dari puskesmas," ujar Imbar pada 27 Januari lalu.

Menurut Imbar, Pemerintah Kota Tangerang Selatan harus mengeluarkan peraturan wali kota (perwal) terkait pengoperasian rumah sakit baru tersebut.

"Saat ini sedang penyusunan perwal. Setelah itu dilaporkan ke tingkat provinsi dan akan ditinjau. Perkiraan beres (bisa beroperasi) pertengahan Februari," ungkapnya saat itu.

Penggunaan RSU Pakulonan untuk penanganan Covid-19 sudah diwacanakan sejak Desember 2020. Kala itu, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, rumah sakit umum baru tersebut sudah selesai dibangun dan siap dioperasikan mulai 4 Januari 2021.

"Rumah Sakit Pakulonan konstruksi fisiknya sudah siap, sekarang sudah tahap pembersihan. Kemudian juga listrik sudah siap, lift sudah siap," ujar Benyamin pada 30 Desember 2020.

Berita dengan kategori