Program Revitalisasi TIM Terus Belanjut, Gedung Graha Bhakti Diruntuhkan

Program Revitalisasi TIM Terus Belanjut, Gedung Graha Bhakti Diruntuhkan

Terbaiknews - Mural-mural hasil karya seniman TIM yang menghiasi dinding luar Graha Bhakti Budaya juga turut dihancurkan oleh eskavator.

Proses revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM), Menteng, Jakarta Pusat, terus dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan PT Wijaya Karya (WIKA), kini pembangunan telah memasuki tahap II.

Pantauan Suara.com pada Jumat (7/2/2020), sejumlah eskavator dan pekerja mulai meruntuhkan beberapa gedung seperti Graha Bhakti Budaya TIM dan Galeri Cipta I.

Media yang ingin meliput dilarang memasuki area pembongkaran yang sudah dipagar besi tinggi, setiap kegiatan peliputan harus melalui izin tertulis dari PT Jakpro.

Dari kejauhan, sejumlah pekerja dari WIKA sebagai pelaksana proyek juga terlihat sibuk meruntuhkan gedung.

Terlihat pula tulisan Graha Bhakti Budaya yang ada di bagian depan tembok gedung itu pun sudah dilepas.

Mural-mural hasil karya seniman TIM yang menghiasi dinding luar Graha Bhakti Budaya juga turut dihancurkan oleh eskavator.

Program Revitalisasi TIM Terus Belanjut, Gedung Graha Bhakti Diruntuhkan
Aktivitas pekerja di lokasi proyek revitalisasi kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta, Kamis (6/2 ). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Untuk diketahui, di Gedung Graha Bakti Budaya Bhakti ini terdapat sejumlah ruangan kantor, ruang pertunjukan teater, ruang pameran lukisan Galeri Cipta, ruang kantor Dewan Kesenian Jakarta, Lapak buku, dan Bioskop XXI yang juga turut diratakan.

Diketahui, wacana pembangunan hotel dalam revitalisasi TIM, DPRD Jakarta telah mendorong Pemprov DKI dan Jakpro tak terus melanjutkannya, anggaran pembangunan hotel sebesar Rp400 miliar juga telah dipangkas dalam KUAPPAS menjadi Rp 200 miliar.

Revitalisasi TIM ini tetap dilanjutkan karena APBD DKI tahun 2019 sudah disetor dan revitalisasi ditargetkan rampung tahun 2021.