Polisi Diminta Segera Ungkap Pembunuhan Wanita Terbungkus Kain di Pondok Aren

Polisi Diminta Segera Ungkap Pembunuhan Wanita Terbungkus Kain di Pondok Aren

Terbaiknews - - Terduga pelaku pembunuhan terhadap seorang perempuan berinisial HY (31) di dalam indekos di...

, - Terduga pelaku pembunuhan terhadap seorang perempuan berinisial HY (31) di dalam indekos di kawasan Kampung Kebantenan, Pondok Aren, Tangerang Selatan, 25 Agustus 2020, belum terungkap.

Berkait hal itu, Komisi Nasional (Komnas) Perempuan meminta kepolisian agar segera mengungkap kasus dugaan pembunuhan yang hampir enam bulan belum juga menemui titik terang.

"Belum (koordinasi dengan polisi), karena belum ada pengaduan dari keluarga. Tapi kami berharap melalui pemberitaan ini kepolisian segera membuat terang kasus ini," ujar Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah Tardi, saat dihubungi, Senin (8/2/2021).

Menurut Siti, meski korban telah meninggal dunia, namun keluarga memiliki hak atas keadilan di balik kasus pembunuhan tersebut.

Buronan Kasus Judi Tewas Ditembak Polisi di Hadapan Anak dan Istri, Kuasa Hukum: Ini Pembunuhan...

"Karena walaupun korban sudah meninggal, korban/keluarga masih tetap berhak atas keadilan, dan kebenaran kasusnya," ucap Siti.

Menurut Siti, aksi pembunuhan yang dialami oleh korban belum dapat dikatakan sebagai femisida sebelum polisi dapat menangkap pelaku hingga diketahui motif melakukan aksinya.

Umumnya, kata Siti, femisida terjadi dalam relasi rumah tangga atau personal dengan pemicu terbesar adalah cemburu, ketersinggungan maskulinitas, menolak hubungan seksual dan didesak bertanggung jawab atas kehamilan.

Adapun pemicu lain dari konflik rumah tangga seperti poligami, tidak ingin bercerai, kebutuhan materi, peran tradisional perempuan hingga kehormatan keluarga.

"Terkait pembunuhan perempuan, kami menyakini pihak kepolisian akan mampu mengungkap kasus ini. Kita harus menunggu polisi menangkap tersangka dan motif pembunuhan ini," katanya.

Untuk diketahui, keberadaan jasad HY pertama kali diketahui Selasa (25/8/2020) sekitar pukul 17.30 WIB.

Berita dengan kategori