Pimpinan DPRD Dukung Rencana Pemprov DKI Pakai Gedung Disdik Jadi Tempat Isolasi

Pimpinan DPRD Dukung Rencana Pemprov DKI Pakai Gedung Disdik Jadi Tempat Isolasi

Terbaiknews - - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mendukung rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang...

, - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mendukung rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang ingin menggunakan gedung milik Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta sebagai lokasi isolasi terkendali.

Menurut Zita, jika Pemprov DKI Jakarta terus mengandalkan fasilitas kesehatan yang ada di rumah sakit, maka tidak lama lagi fasilitas tersebut akan kolaps.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini memaparkan, menurut data terakhir per 24 Januari 2021, tempat tidur isolasi di Ibu Kota sudah terisi sebanyak 86 persen.

Sedangkan tempat tidur ICU sudah terisi sebanyak 84 persen.

Kematian Dokter akibat Covid-19 di Jakarta Tertinggi Kedua Se-Indonesia

Zita juga mendorong agar Pemprov DKI memanfaatkan gedung-gedung lainnya.

"Sekarang kita harus manfaatkan gedung-gedung Pemprov, siapkan dari sekarang. Sekiranya yang tidak terlalu penting untuk work from office (WFO), maka bisa digunakan menjadi tambahan ruangan ICU dan tempat tidur di situ," ucap Zita kepada Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Zita menambahkan, alasannya mendukung rencana ini karena kondisi ICU yang sudah penuh.

Bahkan, banyak pasien Covid-19 yang harus tidur di luar karena ruangan penuh di beberapa RS rujukan.

"Bahkan ada juga yang tidur di kursi, karena tempat tidur habis," tutur dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan, Pemprov DKI Jakarta berencana menggunakan Gedung UPT Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

17 Hotel di Jakarta Jadi Tempat Akomodasi Tenaga Medis dan Isolasi Pasien Covid-19

Anies juga sudah mengecek kesiapan gedung milik Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang bersebelahan dengan RSKD Duren Sawit, Jakarta Timur.

Manurut dia, penambahan tempat tidur isolasi terkendali dapat menambah kapasitas tempat isolasi rumah sakit rujukan Covid-199 di Jakarta.

"Mampir mengecek Gedung UPT P2KPTK2 milik Disdik yang ada di sebelah RSKD Duren Sawit, untuk mengkaji potensi diubah jadi tempat isolasi terkendali," kata Anies melalui akun Facebook-nya, Jumat (29/1/2021).

Selain menyiapkan Gedung UPT P2KPTK2, Anies menuturkan, RSKD Duren Sawit juga menambah kapasitas perawatan Covid-19 dengan 200 tempat tidur isolasi.

Berita dengan kategori