Pemprov DKI Berencana Tambah 5 RS Rujukan Covid-19

Pemprov DKI Berencana Tambah 5 RS Rujukan Covid-19

Terbaiknews - - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menambah lima rumah sakit (RS) swasta sebagai RS...

, - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menambah lima rumah sakit (RS) swasta sebagai RS rujukan bagi pasien Covid-19.

Kendati demikian, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kapan kelima RS itu beroperasi sebagai RS rujukan.

Sebab, saat ini penambahan tersebut masih dalam proses.

Saat ini, jumlah RS rujukan Covid-19 di Ibu Kota mencapai 101 RS.

Dengan demikian, apabila penambahan RS ini sudah disepakati, maka nantinya akan ada 106 RS rujukan bagi pasien Covid-19 di Jakarta.

"Kami kan kemarin 101 (RS), yang lima sedang dalam proses karena dalam menambah itu kan konsekuensinya bagaimana tenaganya juga ada tersedia," ucap Widyastuti melalui rekaman yang diterima, Kamis (28/1/2021).

Daftar 101 Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jakarta

Widyastuti menuturkan, pihaknya juga berupaya menambah jumlah tenaga kesehatan guna merawat pasien Covid-19.

Adapun mengenai kapasitas tempat tidur isolasi dan ruang ICU, Widyastuti mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan instruksi gubernur yang menyatakan bahwa 50 persen kapasitas rumah sakit umum daerah (RSUD) harus melayani pasien Covid-19.

Widyastuti mengeklaim saat ini sebanyak 63 persen kapasitas RSUD telah digunakan untuk penanganan Covid-19, sehingga telah melampaui batas dari ingub tersebut.

"Kemudian, Januari kemarin Pak Menkes memgeluarkan kebijakan minimal 40 persen, sehingga kami berkoordinasi dengan Menkes memberikan penguatan di faskes swasta untuk menambah kapasitas. Kalo RS BUMN kebetulan sudah sekitar 53 persen," tutur Widyastuti.