Normalisasi Kali, Bagian Rumah yang Rusak Akibat Longsoran di Ciganjur Akan Dibongkar

Normalisasi Kali, Bagian Rumah yang Rusak Akibat Longsoran di Ciganjur Akan Dibongkar

Terbaiknews - KOMPAS.com - Sejumlah bagian rumah yang rusak terkena longsoran tembok Melati Residence akan...

, KOMPAS.com - Sejumlah bagian rumah yang rusak terkena longsoran tembok Melati Residence akan dibongkar untuk melancarkan normalisasi anak Kali Setu di Jalan Damai 2 RT 04/RW 012, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta, yang tertutup material longsor.

Kepala Seksi Pemeliharaan Drainase Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan, Junjung mengatakan, ada empat rumah yang akan dibongkar.

“Rumah yang ada di bantaran kali yang kena longsor akan dibongkar,” ujar Junjung saat ditemui, Minggu (11/10/2020) sore.

Perumahan Jalan Damai 2 Ciganjur Masih Tergenang Akibat Kali Tersumbat Longsoran

Tiga alat berat berupa beco dikerahkan untuk mengeruk dan mengangkut material tembok. Unit beco digunakan untuk membuat jalur pengerukan material longsor.

“Beco ini untuk mengangkut puing-puing di dalam kali. Ini juga digunakan untuk membuat jalan beco untuk turun,” ujar Junjung.

Beco juga akan digunakan untuk membongkar tembok dan tiang listrik di dekat area longsoran.

Pembongkaran tersebut dilakukan untuk memudahkan beco menuju ke area kali yang tertutup longsor tembok.

Pansus Banjir DPRD DKI: Spontan Terbentuk, Reaktif Bekerja Setelah Banjir Datang

Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan, pihaknya akan membantu warga yang rumahnya terdampak longsor. Bantuan diberikan untuk memulihkan keadaan rumah yang rusak.

“Rumah-rumah yang hancur akan dibantu untuk recovery-nya dan untuk sungainya sendiri, sambil puing dibersihkan, kami memastikan aliran sungai berjalan dengan baik,” kata Anies saat meninjau lokasi longsor dan banjir, Minggu (12/10/2020) sore.

Sebelumnya, banjir dan longsor terjadi di Jalan Damai 2, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta terjadi pada Sabtu (10/10/2020) malam.

Malam itu, hujan turun dengan intensitas lebat mengguyur wilayah Jakarta Selatan.

Aparat kelurahan mencatat kurang lebih 300 rumah warga di Jalan Damai 2 RT 04/RW 012 terendam banjir dengan ketinggian mulai dari 70 cm hingga 150 cm.