Mengupas Cerita di Balik Tradisi Membeli Ikan Bandeng Jelang Imlek

Mengupas Cerita di Balik Tradisi Membeli Ikan Bandeng Jelang Imlek

Terbaiknews - - Pedagang ikan bandeng kian memadati kawasan Rawa BelongPalmerahJakarta Baratjelang Hari...

, - Pedagang ikan bandeng kian memadati kawasan Rawa Belong, Palmerah, Jakarta Barat, jelang Hari Raya Imlek atau Tahun Baru China.

Biasanya, ikan bandeng dicari dan dibeli oleh warga Betawi asli yang tinggal di sekitar wilayah Palmerah.

Atta (62), salah satu pedagang ikan bandeng mengatakan bahwa tradisi ini sudah dilakukan sejak dulu, bahkan sewaktu dirinya masih kecil.

Tradisi membeli ikan bandeng, meNUrut Atta, bisa diartikan sebagai bentuk kasih sayang dari menantu kepada mertua.

[BERITA FOTO] Menengok PerSiapan Imlek di Hok Lay Kiong, Klenteng Terbesar di Kota Bekasi

"Iya beli dan makan ikan bandeng tradisinya orang Betawi. Kalau di betawi kalau bandengnya semakin besar ukurannya maka semakin sayang sama mertua," ucap Atta saat diteMUi di lokasi, Rabu (22/1/2020).

Berdasarkan cerita turun temurun, kata Atta, seorang menantu yang memberikan ikan bandeng jelang perayaan Imlek, dipercaya akan disayang oleh mertua.

"Misalnya tahun ini kasih satu ikan bandeng, nah tahun besok dua ikan, wah girang mertua, dalam hati bilang, "baru mantu gue nih". Itu baru satu mantu, belum mantu yang lain," ucap Atta bercerita.

Mengenal Lebih Dekat Ikan Dewa, Harganya Jutaan dan Selalu Diburu Jelang Imlek

Sambil memotong ikan bandeng, Atta melanjutkan ceritanya, kata dia umumnya pelanggan tidak ingin ikan yang dibelinya dipotong beberapa bagian.

"Ada juga yang dipotong, bisa juga dibawa utuh satu ekor, dipotong di rumah. Biasanya dimasak jadi pindang bandeng, lalu makan bersama," ucap Atta.

Tradisi mulai berubah

Mengupas Cerita di Balik Tradisi Membeli Ikan Bandeng Jelang ImlekKOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJAR Pedagang ikan bandeng di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat, Rabu (22/1/2020)

Seiring berjalannya waktu, Atta yang juga warga Rawa Belong berujar bahwa tradisi mertua menerima pemberian ikan bandeng dari menantu mulai berubah.

Source : https://megapolitan.kompas.com/read/2020/01/22/20032081/mengupas-cerita-di-balik-tradisi-membeli-ikan-bandeng-jelang-imlek