Masih Urus Izin dan Siapkan Nakes, Pemkot Tangsel Belum Operasikan Mobile Lab untuk Tes PCR

Masih Urus Izin dan Siapkan Nakes, Pemkot Tangsel Belum Operasikan Mobile Lab untuk Tes PCR

Terbaiknews - TANGERANG SELATAN- Pemerintah Kota Tangerang Selatan belum bisa mengoperasikan mobil laboratorium...

TANGERANG SELATAN, - Pemerintah Kota Tangerang Selatan belum bisa mengoperasikan mobil laboratorium Biosafety Level-2 (BSL-2) yang dipinjamkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan Deden Deni menjelaskan, mobil laboratorium untuk pemeriksaan sampel terkait Covid-19 dengan metodepolymerase chain reaction (PCR) belum bisa dioperasikan lantaran masih diurus perizinannya.

Selain itu, pihaknya masih harus menyiapkan tenaga kesehatan untuk memeriksa sampel terkait Covid-19 dengan peralatan di mobil laboratorium tersebut.

"Kami lagi urus izinnya sekarang, siapkan tenaganya dulu. Kalau tenaganya sih ada, di-training juga di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)," ujar Deden, Kamis (28/1/2021).

Tingkatkan Tes Covid-19, Pemkot Tangsel Dipinjami Mobile Lab oleh Pemerintah Pusat

Deden belum dapat memastikan waktu pengoperasian mobil laboratorium tersebut.

Dia hanya memastikan bahwa fasilitas tersebut kini telah tersedia dan sudah bisa digunakan kapan pun.

"Ya secepatnya lah. Kan harus ada perizinan dulu, siapkan tenaganya dulu. Kalau secara fasilitas kan dari BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) ini sudah menyiapkan," pungkasnya.

Untuk diketahui,Pemerintah Kota Tangerang Selatan menerima bantuan satu unit mobil laboratorium BSL-2 dari Kemenristek/BRIN.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza menjelaskan, mobil laboratorium itu sudah diserahkan saat rapat koordinasi riset inovasi nasional 2021, Kamis ini.

"Sudah diserahkan tadi pada saat rakornas Ristek/BRIN di Pusat Penelitian dan Teknologi (Puspitek). Sudah berita acara," ujar Riza melalui pesan singkat kepada Kompas.com.

UPDATE 28 Januari: 596 Pasien Covid-19 di Tangsel Masih Dirawat, Ruang ICU Penuh

Menurut Riza, mobil laboratorium BSL-2 untuk memeriksa sampel terkait Covid-19 dengan metode PCR diberikan dengan sistem peminjaman selama tiga bulan ke depan.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan cukup menyediakan sumber daya manusia (SDM) untuk memerika sampel terkait Covid-19 di fasilitas tersebut.

Adapun mobil laboratorium BSL-2 disebut mampu memeriksa sampel terkait Covid-19 hingga 940 spesimen per hari.

Kehadiran fasilitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemeriksaan sampel terkait Covid-19 di Tangerang Selatan.