Lebih dari 1.000 Restoran Tutup Permanen akibat Pandemi Covid-19

Lebih dari 1.000 Restoran Tutup Permanen akibat Pandemi Covid-19

Terbaiknews - - Lebih dari 1.000 restoran tutup permanen akibat terdampak pandemi Covid-19 dan kebijakan...

, - Lebih dari 1.000 restoran tutup permanen akibat terdampak pandemi Covid-19 dan kebijakan pembatasan yang diberlakukan pemerintah.

Hal ini diketahui dari hasil survei Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) terhadap 9.000 lebih restoran di seluruh Indonesia.

"Ditemukan sekitar 1.033 restoran yang tutup permanen," kata Ketua PHRI DKI Jakarta Sutrisno Iwantono saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (6/2/2021).

Perhimpunan Hotel dan Restoran Sulit Terima Opsi Lockdown Akhir Pekan

Sutrisno menyebut, restoran-restoran tersebut tak sanggup lagi menambal beban operasional dan gaji karyawan karena sepinya pengunjung serta jam operasional yang dibatasi.

Ia mengatakan, tren restoran yang tutup permanen ini mulai meningkat di akhir tahun 2020 dan masih berlangsung sampai saat ini.

"Sejak bulan Oktober 2020 sampai sekarang, bisa diperkirakan sekitar 125-150 restoran yang tutup per bulan," kata dia.

Oleh karena itu, Sutrisno senang kebijakan lockdown akhir pekan di ibu kota batal diterapkan. Jika tidak, kata dia, kondisinya akan lebih parah.

Soal Lockdown Akhir Pekan, Pengusaha Hotel dan Restoran Minta Ini ke Pemerintah

Menurut dia, saat ini yang terpenting adalah penegakan disiplin masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

"Jika opsi (lockdown akhir pekan) ini berjalan, bisa dipastikan penutupan restoran secara permanen akan mencapai sekitar 750 (per bulan)," kata Sutrisno.

"Penutupan usaha bisnis secara permanen berarti tingkat pengangguran pun bertambah," ucap dia.