Kota Tangerang Memulai Vaksinasi Covid-19 pada Awal Februari

Kota Tangerang Memulai Vaksinasi Covid-19 pada Awal Februari

Terbaiknews - TANGERANG- Kota TangerangBantenbaru akan melakukan vaksinasi Covid-19 mulai awal Februari...

TANGERANG, - Kota Tangerang, Banten, baru akan melakukan vaksinasi Covid-19 mulai awal Februari mendatang.

" Kota Tangerang itu dapatnya (vaksinasi) pada fase pertama kloter kedua. Jadi, kami awal Februari," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tangerang, Liza Puspadewi, saat ditemui di RSUD Kota Tangerang, Kota Tangerang, Selasa (12/1/2021) siang.

Ia mengemukakan, tenaga medis di Kota Serang dan Kota Tangerang Selatan yang akan menerima vaksinasi Covid-19 pada fase pertama kloter pertama pada 14 Januari ini.

"Yang pertama divaksin itu Tangerang Selatan dan Kota Serang. Karena vaksinnya juga terbatas," ujar dia.

PPKM di Kota Tangerang, Tempat Rekreasi, Hiburan hingga Fasilitas Olahraga Ditutup

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, Kota Serang akan mendapatkan vaksinasi terlebih dahulu karena kota tersebut adalah Ibu Kota Provinsi Banten. Kota Tangerang Selatan juga didahulukan lantaran tingkat kematian akibat Covid-19 yang cukup tinggi di daerah itu.

"(Sebanyak) 3.800 vaksin untuk Kota Serang. Lalu, Tangerang Selatan sekitar 8.000 vaksin. Sementara itu, Kabupaten atau Kota Tangerang pada kloter keduanya," ujar Wahidin ketika melakukan konferensi pers di Pendopo Kabupaten Tangerang, Banten, Senin kemarin.

Dinkes Kota Tangerang telah menyiapkan dua skema untuk vaksinasi yang akan dilakukan. Berdasarkan skema tersebut, ada golongan orang yang akan divaksin dalam dua tahap vaksinasi.

"Di tahap pertama, 12.148 vaksin itu untuk tenaga kesehatan," kata Liza Puspadewi, Jumat pekan lalu.

"Tahap kedua, yaitu pelayan publik 49.205 orang, TNI dan Polri 2.787 orang yang dilakukan imunisasi sebanyak dua dosis," tambahnya.

Dinkes Kota Tangerang juga telah menyiapkan 82 fasilitas kesehatan untuk tempat pelaksanaan vaksinasi. Tempat vaksinasi itu berupa 38 puskesmas, 32 rumah sakit, dan 12 klinik.