Ketinggian Air di Bendung Katulampa Terus Meningkat, Masyarakat Ibu Kota Diminta Waspada

Ketinggian Air di Bendung Katulampa Terus Meningkat, Masyarakat Ibu Kota Diminta Waspada

Terbaiknews - BOGOR- Ketinggian muka air di Bendung KatulampaKota Bogor. Jawa Baratmengalami peningkatan,...

BOGOR, - Ketinggian muka air di Bendung Katulampa, Kota Bogor. Jawa Barat, mengalami peningkatan, Minggu (7/2/2021) sore.

Laporan pos penjagaan Bendung Katulampa menyebutkan, tinggi air Sungai Ciliwung di Katulampa pada pukul 19.00 WIB menyentuh 140 sentimeter atau berstatus siaga 3.

Kepala Pos Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, naiknya muka air di Bendung Katulampa disebabkan hujan yang terus mengguyur wilayah Puncak, Bogor, yang merupakan kawasan hulu aliran Sungai Ciliwung.

Kondisi itu, kata Andi, menyebabkan air yang melintas di bendungan peninggalan jaman Belanda itu ikut meningkat.

Bendung Katulampa Siaga 3, Warga di Pinggiran Ciliwung di Jakarta Diminta Waspada Banjir Pukul 15.00-18.00 WIB

Ia mengimbau, masyarakat yang tinggal di bantaran Ciliwung untuk waspada dan berhati-hati terhadap potensi banjir karena saat ini kawasan Bogor masih diguyur hujan.

"Cuaca di Katulampa masih hujan, begitu pula di kawasan Puncak," kata Andi.

Stasiun Klimatologi BMKG Citeko-Puncak Bogor juga menginformasikan hujan di wilayah Bogor Puncak dan Cianjur (Bopunjur) akan terus terjadi hingga pukul 20.35 WIB.

Kenaikan tinggi muka air di Bendung Katulampa dalam beberapa jam terakhir cukup fluktuatif karena cuaca di kawasan hulu Sungai Ciliwung sejak Minggu dini hari terus diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Sebelumnya, tinggi air di Bendung Katulampa Minggu pagi pukul 08.00 WIB berada di 120 sentimeter atau berstatus siaga 3. Peringatan dini terhadap waspada banjir di wilayah Ibu Kota pun dikeluarkan.

Berita dengan kategori