Ini Arti Sejumlah Istilah Asing pada Proses Pencarian Sriwijaya Air SJ 182

Ini Arti Sejumlah Istilah Asing pada Proses Pencarian Sriwijaya Air SJ 182

Terbaiknews - KOMPAS.COM - Dalam proses pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan...

, KOMPAS.COM - Dalam proses pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021), masyarakat diperkenalkan dengan sejumlah istilah yang mungkin asing di telinga.

Berikut daftar dan penjelasan dari masing-masing istilah tersebut:

Emergency Locater Transmitter ( ELT)

ELT adalah perangkat penentu lokasi pesawat yang merupakan bagian dari standar peralatan di pesawat.

Jika terjadi kecelakaan atau hantaman pada pesawat, perangkat itu dirancang untuk mengirimkan sinyal darurat pada frekuensi tertentu sebelum diterima oleh Locator Unit Terminal (LUT).

Sinyal dari ELT yang diterima LUT yang nantinya menjadi rujukan tim penyelamat untuk menentukan di mana lokasi kecelakaan pesawat terjadi.

Proses Identifikasi Jenazah Korban Sriwijaya Air, Pengumpulan Data hingga Santunan untuk Keluarga

Black box, CVR, dan FDR

Black box pesawat merupakan istilah populer dalam industri penerbangan yang merujuk pada kompenen perekam data elektronik.

Situs Flightradar24 menyebutkan, black boxatau kotak hitam pesawat biasanya menggunakan CVR (Cockpit Voice Recorder) atau FDR (Flight Data Recorder) atau kombinasi keduanya.

Saat pesawat terbang, FDR terus merekam beragam data tentang semua aspek penerbangan pesawat seperti kecepatan atau ketinggian terbang, sementara CVR merekam percakapan dalam kokpit dan suara lain, seperti transmisi radio serta alarm otomatis.

Jika terjadi masalah pada pesawat, seperti kecelekaan, maka data dari black box pesawat dapat membantu merekonstruksi apa yang sebenarnya terjadi.

Kisah Co Pilot Fadly yang Menumpang Sriwijaya Air SJ 182, Sempat Telepon Ibunda Sebelum Lepas Landas

Pinger Locator/Pinger Finder

Menurut laporan BBC, pinger locater adalah perangkat pengirim dan penangkap sinyal (ping) berbasis sonar yang diandalkan untuk melacak keberadaan black box sebuah pesawat.