Dihadiri 11 Anggota, DPRD Komisi A Sahkan Rancangan Anggaran Dinas Gulkarmat Rp 1,2 Triliun

Dihadiri 11 Anggota, DPRD Komisi A Sahkan Rancangan Anggaran Dinas Gulkarmat Rp 1,2 Triliun

Terbaiknews - - Rancangan aggaran kegiatan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi...

Rancangan aggaran kegiatan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020 akhirnya disahkan dengan total anggaran Rp 1,2 triliun.

Anggaran itu disahkan oleh sekitar sebelas dari enam belas total anggota DPRD DKI Jakarta Komisi A saat rapat rancangan pembahasan anggaran APBD Provinsi DKI Jakarta pada Sabtu (7/12/2019) malam.

&;Baik, saya bacakan anggaran Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp 1,2 triliun,&; ujar Ketua Komisi A Mujiyono dalam rapat, Sabtu.

Fraksi PSI Minta Empat Anggaran Fantastis Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Ditangguhkan


Pengesahan itu setelah pembahasan kegiatan berlangsung alot. Sebab, sejumlah anggaran Gulkarmat terlihat fantastis.

Hanya satu anggota fraksi PSI, yakni August Hamonangan yang tidak menyetujui kegiatan tersebut.

Alasannya,anggota Fraksi PSI menilai kegiatan Dinas Gulkarmat itu belum menjadi prioritas bagi masyarakat.

Menurut dia, lebih penting anggaran tersebut dialihkan untuk penyediaan mobil damkar tambahan maupun kegiatan-kegiatan wilayah lainnya.

Namun, sebagian besar anggota dewan setuju dengan adanya kegiatan tersebut.

Alasan setuju menurut dewan, kegiatan itu diperlukan demi kenyamanan masyarakat untuk mengatasi terjadinya kebakaran, mulai dari kapal untuk memadamkan api di laut hingga penyediaan air menggunakan mobile high pumpers yang dibutuhkan Damkar jika nantinya menanggulangi bencana kebakaran.

Oleh karena itu, diputuskan bahwa seluruh kegiatan itu disahkan dalam waktu kurang lebih dua jam dengan catatan ada beberapa kegiatan yang dihold lantaran tidak disetujui oleh anggota komisi A fraksi PSI.

&;Anggaran di sahkan dengan catatan kegiatan penyediaan fire rescue board, fire rescue truck, mobil high volume pumpers, penyediaan unit submersible pump with flood module tidak disetujui oleh anggota August Hamonangan dari fraksi PSI,&; ucap Mujiyono.

Empat Rancangan Anggaran Fantastis Gulkarmat Akhirnya Disahkan dengan Diwarnai Perdebatan

Adapun empat anggaran fantastis dari kegiatan Dinas Gulkarmat itu yakni fire rescue board dengan anggaran sekitar Rp 44 miliar, rescue truck dengan robot pemadam sebesar Rp 45 miliar, mobil high volume pumpers sebesar Rp 29 miliar, penyediaan unit submersible pump with flood module sebesar Rp 15 miliar.