Cerita Sopir Angkot di Tengah Pandemi Covid-19, Kadang Musa Pulang dengan Tangan Hampa dan Letih

Cerita Sopir Angkot di Tengah Pandemi Covid-19, Kadang Musa Pulang dengan Tangan Hampa dan Letih

Terbaiknews - - Di usia senjanyaMusa (68) masih bersemangat untuk mencari nafkah. Keluarga menjadi alasan...

, - Di usia senjanya, Musa (68) masih bersemangat untuk mencari nafkah. Keluarga menjadi alasan utama mengapa ia tetap menyusuri jalan-jalan di Jakarta Timur. Namun, pandemi Covid-19 menghancurkan penghasilannya.

Rute Kalisari-Pasar Rebo sudah Musa jalani sejak tujuh tahun lalu. Sebelum pandemi Covid-19, Musa bisa mengantongi penghasilan bersih sebanyak Rp 50.000 per hari.

Penghasilan Musa babak belur dihajar Covid-19. Ia terkadang tak membawa pulang uang setelah hampir enam jam berkeliling Kalisari-Pasar Rebo untuk mencari penumpang.

"Kadang pulang capek doang. Cuma bisa ganti uang bensin saja. Enggak ada lebihannya," ujar Musa saat dihubungi.

Kisah Sopir Angkot yang Dibayar Rp 200, Mengaku Ikhlas dan Enggan Marah

Setiap hari Musa keluar rumah sekitar pukul 06.30 WIB. Ia menarik angkot hingga pukul 12.00 WIB.

Di masa pandemi Covid-19, tak banyak penumpang langganannya yang naik. Kebanyakan, penumpang langganannya dari kalangan anak sekolah.

"Yang naik biasanya kalau dulu sebelum Covid-19 itu anak sekolah. Rute saya kan jalur anak sekolah. Di Kalisari itu banyak sekolah. Sebelum pandemi Covid-19, Alhamdulillah pasti penuh angkot saya," kata laki-laki beranak empat dan lima cucu.

Di masa sebelum pandemi Covid-19, Musa juga mengangkut penumpang berusia dewasa. Biasanya, ada orangtua yang mengantarkan anaknya ke sekolah.

"Semenjak pandemi Covid-19, penghasilan Rp 80.000. Uang bensin Rp 50.000 biar besok bisa narik lagi. Bawa pulang duit Rp 20.000-Rp 30.000," kata Musa.

Kisah Tenaga Medis RS Wisma Atlet Menikah secara Virtual karena Positif Covid-19

Hampir satu tahun di masa pandemi Covid-19, ia harus sarapan dan makan siang di rumah. Padahal, dulunya ia bisa sarapan dan makan di luar rumah.

Berita dengan kategori