BKSDA Tangsel Diminta Bantu Relokasi Monyet Liar di Kawasan Perumahan Puspiptek

BKSDA Tangsel Diminta Bantu Relokasi Monyet Liar di Kawasan Perumahan Puspiptek

Terbaiknews - TANGERANG SELATANKOMPAS.com - Badan Koservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Tangerang Selatan (...

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Badan Koservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Tangerang Selatan ( Tangsel) diminta untuk membantu proses relokasi monyet liar di kawasan perumaha Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Tangsel. PihakPuspiptek juga diharapkan bisa berkoordinasi dengan BKSDA Tangsel.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel, Uci Sanusi, mengemukakan hal itu, Jumat (29/1/2021). Uci mengemukakan, pihaknya sudah melakukan penyisiran di kawasan perumahan Puspiptek untuk mencari keberadaan monyet liar.

Namun, petugas belum menemukan dan menangkap hewan yang dilaporkan warga berkeliaran di pemukiman dan menyerang warga tersebut.

Monyet Liar Masuk Kawasan Perumahan Puspitek Tangsel, Warga Resah

"Kami sudah menurunkan tim penyelamatan ya ke kawasan Puspiptek untuk mencari keberadaan monyet-monyet liar itu. Tapi ketika kami lakukan penyisiran itu tidak ditemukan," ujar Uci, Jumat (29/1/2021).

Uci mengatakan, pihaknya tidak punya peralatan memadai untuk menangkap monyet liar, keterampilan petugasnya juga terbatas terkait hal itu.

Karena itu dia menyarankan agar Puspiptek berkoordinasi dengan BKSDA yang biasa menangani satwa liar untuk membantu proses pencarian dan pemindahan monyet tersebut.

"Kami sarankan segera berkoordinasi dengan BKSDA yang biasa menangani satwa liar. Karena kan peralatannya mereka lebih lengkap, tekniknya juga," ungkapnya.

Warga Perumahan Puspiptek, Kecamatan Setu, Tangsel resah dengan keberadaan monyet-monyet liar yang masuk ke kawasan permukiman itu dan menyerang orang.

Seorang anak laki-laki usia lima tahun menjadi korban penyerangan monyet pada Rabu lalu. Anak itu mengalami luka sobek di kedua lengannya.

Ayah korban, Bambang (41), mengatakan, saat kejadian anaknya tengah bermain di halaman belakang rumahnya.