Banyak Status Penerbangan Batal di Papan Informasi Soekarno-Hatta, Ini Penjelasan Angkasa Pura II

Banyak Status Penerbangan Batal di Papan Informasi Soekarno-Hatta, Ini Penjelasan Angkasa Pura II

Terbaiknews - TANGERANGKOMPAS.com - PT Angkasa Pura II membenarkan banyak penerbangan berstatus batal di display...

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II membenarkan banyak penerbangan berstatus batal di display flight atau papan informasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

VP Corporate Communication Angkasa Pura II, Yado Yarismano mengatakan, status pembatalan penerbangan itu merupakan slot time penerbangan yang tidak terpakai.

"Jadi pada display flight yang ada sisa slot yang tidak terpakai tadi diinformasikan dengan status cancelled," ujar Yado saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/7/2020).

Yado mengatakan, maskapai penerbangan telah mendapatkan slot waktu terbang masing-masing.

Berangsur Pulih, Bandara Soetta Layani 400 Penerbangan Per Hari

Dia mencontohkan, maskapai penerbangan A sudah mendapat jatah penerbangan 200 slot per hari. Namun karena sepi penumpang sebagai dampak dari pandemi Covid-19, maskapai itu tidak memanfaatkan semua slot yang ada.

"Saat ini hanya sekitar 30-an slot per hari oleh maskapainya karena memang masih masa pandemi," kata Yado.

Itu sebabnya berderet status penerbangan yang dibatalkan di bagian keberangkatan domestik Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Maskapai Garuda Indonesia berangkat dari terminal itu.

Sebelumnya beredar foto di media sosial yang memperlihatkan papan informasi penerbangan di Terminal 3 Soekarno-Hatta didominasi dengan status cancelled atau batal terbang.

Kompas.com telah mencoba untuk melakukan konfirmasi ke Garuda Indonesia terkait banyaknya status penerbangan yang dibatalkan tersebut. Namun pihak Garuda Indonesia belum memberikan respons.