Anies Pastikan Warga Terdampak Banjir Akan Dapat Bansos dan Biaya Perbaikan Rumah

Anies Pastikan Warga Terdampak Banjir Akan Dapat Bansos dan Biaya Perbaikan Rumah

Terbaiknews - - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bantuan sosial akan segera disalurkan pada...

, - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bantuan sosial akan segera disalurkan pada warga terdampak banjir Ibu Kota pada Minggu (11/10/2020).

Perlu diketahui, hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi pada Sabtu (10/10/2020) kemarin menyebabkan setidaknya 42 rukun tetangga (RT) di tiga wilayah Ibu Kota yakni Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat masih terendam banjir.

Minggu Siang, 42 RT di DKI Masih Terendam Banjir, 279 Jiwa Mengungsi

Sebanyak empat rumah pun rusak akibat diterjang banjir dan longsor di wilayah Jakarta Selatan.

Sementara itu, sebanyak 279 orang harus mengungsi akibat banjir. Seorang warga Kelurahan Ciganjur, Jakarta Selatan, dilaporkan meninggal dunia.

"Langkah kita ke depan, nomor satu memastikan seluruh masyarakat terdampak, kesehatannya terjaga, terjamin, ada tempat pengungsian yang dipastikan sehat. Kedua, kebutuhan makan bagi mereka yang terdampak dipastikan aman," kata Anies saat meninjau lokasi banjir di wilayah Jakarta Selatan, Minggu.

Tak hanya pemberian bantuan makanan, Anies juga memastikan Pemprov DKI akan membantu biaya perbaikan rumah terdampak banjir dan longsor.

Cegah Banjir di Cikoding, Pemkot Jakarta Utara Kelola Debit Air Kali Cakung Lama

"Rumah-rumah yang hancur akan dibantu untuk recoverynya," ujar Anies.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, penyaluran bantuan akan dikoordinir oleh Dinas Sosial DKI Jakarta.

"Itu urusan dinas sosial yang akan atur pembagian bantuan," ucap Ariza.