4 Fakta Wakil Wali Kota Depok Positif Covid-19, Bukan Efek Vaksinasi hingga Tunggu Kamar Isolasi Kosong

4 Fakta Wakil Wali Kota Depok Positif Covid-19, Bukan Efek Vaksinasi hingga Tunggu Kamar Isolasi Kosong

Terbaiknews - DEPOK- Wakil Wali Kota DepokPradi Supriatna diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 sejak Sabtu...

DEPOK, - Wakil Wali Kota DepokPradi Supriatna diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 sejak Sabtu (30/1/2021), setelah menjalani tes PCR pada Jumat (29/1/2021).

Kini, ia sedang dirawat di RSUD Kota Depok. Berikut Kompas.com merangkum sejumlah fakta mengenai hal ini:

1. Tak ikuti vaksinasi tahap dua karena demam

Pradi merupakan orang pertama di Depok yang menerima vaksinasi CoronaVac pada 14 Januari 2021 di RS Universitas Indonesia.

"Usai vaksin pertama, tidak ada gejala apa-apa, saya masih olahraga," ungkap Pradi kepada wartawan, Senin (1/2/2021).

Sesuai prosedur, ia dijadwalkan menjalani vaksinasi tahap dua pada Kamis (28/1/2021).

Wakil Wali Kota Depok Positif Covid-19 Usai Divaksinasi, Satgas: Tak Ada Kaitan dengan Vaksin

Vaksinasi CoronaVac memang butuh dua kali penyuntikan untuk mencapai respons kekebalan tubuh. Akan tetapi, jelang vaksinasi tahap dua, Pradi mengalami demam.

"Ketika saya mau berangkat pagi kok pusing saya, saya agak panas nih badan saya. Itu hari Kamis (28/1/2021). Akhirnya saya konsultasi dulu, ternyata kalau demam ditunda dulu. Makanya saya enggak jadi (vaksinasi kedua)," kata Pradi.

2. Positif Covid-19 bukan efek vaksinasi

Sebagian pihak mengaitkan kejadian ini dengan fakta bahwa Pradi merupakan orang pertama di Depok yang menerima vaksinasi CoronaVac pada 14 Januari 2021.

Namun, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok memastikan, tak ada kaitan antara infeksi virus SARS-CoV-2 yang diderita Pradi dengan efek vaksinasi.

"Tidak ada kaitannya dengan vaksin. Kami tidak menghubungkan dampak vaksinasi dengan terpaparnya Covid-19 pada Pak Wakil Wali Kota. Yang kita tahu, vaksinasi itu harus dilakukan sebanyak dua kali agar terbentuk antibodi secara maksimal," kata juru bicara satgas, Dadang Wihana, melalui keterangan video kepada wartawan, Minggu (31/1/2021).

Berita dengan kategori