Trump Klaim AS Kantongi Rencana Atasi Virus Wuhan

Trump Klaim AS Kantongi Rencana Atasi Virus Wuhan

Terbaiknews - DAVOS - Presiden Donald Trump mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) memiliki rencana untuk mengatasi...
DAVOS - Presiden Donald Trump mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) memiliki rencana untuk mengatasi wabah virus Wuhan. Hal itu diungkapkannya dalam pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss.
â&;&;Kami memang punya rencana dan kami pikir itu akan ditangani dengan sangat baik. Kami sudah menanganinya dengan sangat baik. CDC (Pusat Pengendalian Penyakit) sangat bagus. Sangat profesional," ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (22/1/2020).
"Kami dalam kondisi sangat baik dan saya pikir China juga dalam kondisi yang sangat baik," kata Trump kepada wartawan sebelum pertemuan satu-lawan-satu dengan Nechirvan Barzani, presiden Wilayah semi-otonom Kurdistan di Irak.

Pejabat kesehatan China mengatakan korban jiwa dari virus korona baru mirip flu di China naik menjadi sembilan pada hari Rabu dengan 440 kasus telah dikonfirmasi. Perkembangan ini terjadi ketika pihak berwenang meningkatkan upaya untuk mengendalikan wabah tersebut.
Wabah virus corona baru telah menyebar dari pusat kota Wuhan di China ke kota-kota termasuk Beijing dan Shanghai. Kasus-kasus lain juga telah dilaporkan di luar China, termasuk di Korea Selatan, Thailand dan Jepang. Bahkan virus ini telah menyebar hingga ke AS.
Jenis baru dari coronavirus atau virus corona yang berasal dari kota Wuhan ini bisa bermutasi.
Negara-negara di seluruh dunia telah meningkatkan prosedur penyaringan atau skrining di bandara internasional dalam persiapan menghadapi kedatangan wisatawan China selama liburan Tahun Baru Imlek.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dijadwalkan mengelar pertemuan darurat untuk membahas wabah jenis baru coronavirus yang sedang berlangsung. Rapat WHO ini untuk memutuskan deklarasi darurat global atau tidak atas menyebarnya virus mirip SARS asal Wuhan tersebut.
(ian)