Tegang, Taiwan Usir Dua Pesawat Anti-Kapal Selam China dari Pantainya

Tegang, Taiwan Usir Dua Pesawat Anti-Kapal Selam China dari Pantainya

Terbaiknews - TAIPEI - Dua pesawat anti-kapal selam China yang terbang ke zona identifikasi pertahanan udara...
TAIPEI - Dua pesawat anti-kapal selam China yang terbang ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan diusir oleh Angkatan Udara Taiwan.
Kedua jet tempur China itu diusir pergi saat pejabat senior Amerika Serikat (AS) akan tiba di Taiwan.
Taiwan telah berulang kali protes tentang aktivitas militer China yang meningkat di udara dan perairan dekat pulau itu. Taipei menganggapnya sebagai bagian upaya Beijing agar Taiwan menerima kedaulatan China.

Pekan lalu, Taiwan menyatakan China melancarkan latihan militer skala besar selama dua hari di pantai barat daya, antara Taiwan dan Kepulauan Pratas yang dikontrol Taipei.
China menyebut latihan itu sebagai â&;&;aksi perluâ&;&; untuk melindungi kedaulatannya.
â&;&;Dua pesawat anti-kapal selam China terbang di sekitar wilayah udara yang sama ke barat daya Taiwan. Mereka diberi peringatan lisan melalui udara untuk pergi,â&;&; papar pernyataan Kementerian Pertahanan Taiwan. Angkatan Udara Taiwan juga memantau dua pesawat China.

Pengumuman ini muncul pada hari yang sama saat Wakil Sekretaris Urusan Ekonomi AS Keith Krach dijadwalkan datang ke Taiwan. Kunjungan ini akan semakin membuat marah China yang selalu menentang dukungan AS pada Taiwan.
Saat Menteri Kesehatan AS Alex Azar mengunjungi Taiwan bulan lalu, jet Angkatan Udara China melintas di garis tengah Selat Taiwan dan dilacak oleh rudal-rudal Taiwan. (Lihat Video: Longsor 18 meter, 5 Kios di Jagakarsa Ambruk)
(sya)