PM Singapura Umumkan Reshuffle Kabinet di Tengah Pandemi

PM Singapura Umumkan Reshuffle Kabinet di Tengah Pandemi

Terbaiknews - OA_show('Banner - Carpet Banner'); Begin Dable...
Begin Dable in-article Widget / For inquiries, [email protected]
End Dable in-article Widget / For inquiries, [email protected]

PERDANA Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengambil langkah cepat usai partainya memenangkan pemilihan umum pada awal Juni. Di tengah pandemi covid-19 yang menyebabkan penurunan PDB 41,2% negara itu, Lee memutuskan merombak kabinet pemerintahannya. Dikutip CNA, Lee mengatakan kabinet baru berusaha untuk menyeimbangkan pembangunan yang berkelanjutan. Kabinet tersebut menjadi tim yang memimpin Singapura untuk melewati krisis kesehatan dan ekonomi yang tengah mewabah ini.

"Dalam situasi normal, kita biasanya membutuhkan menteri yang berpengalaman untuk membantu dan juga untuk membimbing menteri yang lebih muda. Dan dalam krisis ini, kebutuhan ini bahkan lebih besar," kata Lee, Sabtu (25/7).

Dalam reshuffle kali ini, sejumlah menteri senior tetap dipertahankan pada posisi masing-masing. Sementara, Lee merombak posisi 6 menteri sebelumnya, mengangkat menteri dan pejabat baru serta memberhentikan 3 menteri lainnya.

"Saya memperbarui lineup dan membawa darah segar dan mempromosikan beberapa pemegang kantor junior dan backbencher yang berkinerja baik. Saya juga membawa wajah-wajah segar dari anggota parlemen yang baru terpilih, termasuk beberapa dari sektor swasta, dan satu di antaranya sebagai menteri penuh. Mereka akan memperkuat tim saya dan menawarkan ide-ide serta perspektif baru," imbuhnya.

Heng Swee Keat tetap menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan, serta ditambah tugas baru sebagai Menteri Koordinator Kebijakan Ekonomi. Teo Chee Hean tetap sebagai Menteri Senior dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional dan Tharman Shanmugaratnam juga tetap sebagai Menteri Senior dan Menteri Koordinator untuk Kebijakan Sosial.

Adapun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air akan berganti nama menjadi Kementerian Keberlanjutan dan Lingkungan. Grace Fu yang sebelumnya merupakan Menteri Kebudayaan, Masyarakat dan Pemuda akan menjalankan posisi baru tersebut.

Lawrence Wong ditunjuk sebagai Menteri Pendidikan. Dia juga akan tetap sebagai Menteri Keuangan Kedua, serta ketua bersama satuan tugas multi-kementerian Singapura terhadap pandemi covid-19. Dia akan melepaskan jabatannya sebagai Menteri Pembangunan Nasional.

Sementara Masagos Zulkifli ditunjuk sebagai Menteri untuk Pembangunan Sosial dan Keluarga dan Menteri Kedua untuk Kesehatan. Dia akan tetap menjadi Menteri Urusan Muslim dan menyerahkan penunjukkannya sebagai Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Air.

Ong Ye Kung ditunjuk sebagai Menteri Transportasi. Dia akan melepaskan pengangkatannya sebagai Menteri Pendidikan. Desmond Lee ditunjuk sebagai Menteri Pembangunan Nasional dan melepaskan penunjukannya sebagai Menteri Pembangunan Sosial dan Keluarga. Tetapi akan tetap berada di Kementerian dan ditunjuk sebagai Menteri Integrasi Layanan Sosial.

Indranee Rajah ditunjuk sebagai Menteri Kedua untuk Pembangunan Nasional, dan melepaskan pengangkatannya sebagai Menteri Kedua untuk Pendidikan. Dia akan tetap sebagai Menteri di Kantor Perdana Menteri dan sebagai Menteri Keuangan Kedua.

Donald Trump Teken Perintah untuk Turunkan Harga Obat

Wajah baru di kabinet Lee adalah Tan See Leng. Dia ditunjuk sebagai Menteri di Kantor Perdana Menteri, Menteri Kedua untuk Tenaga Kerja dan Menteri Kedua untuk Perdagangan dan Industri. Selain itu, pejabat kementerian lainnya juga ikut dipromosikan. Dia mempertahankan 3 menteri wanita dalam kabinetnya yang juga memegang posisi penting. Upacara pengambilan sumpah untuk kabinet dan pejabat kantor lainnya akan berlangsung di Istana pada Senin nanti.(OL-3)

Mulai Dable in-article Widget / Untuk pertanyaan hubungi [email protected] (in-article) Akhiri Dable in-article Widget / Untuk pertanyaan hubungi [email protected] (end in-article)