Mundur dari Kerajaan Inggris, Meghan Markle Bertolak ke Kanada

Mundur dari Kerajaan Inggris, Meghan Markle Bertolak ke Kanada

Terbaiknews - Meghan Markle terbang ke Kanada usai mundur dari Kerajaan Inggris (DANIEL LEAL-OLIVAS / POOL / AFP)

â&;&; Pangeran Harry dan Meghan Markle merealisasikan keputusan langkah mundur dari anggota senior kerajaan. Meghan pun telah bertolak ke Vancouver, Kanada.

Menurut Agence France-Presse, Meghan terbang ke Kanada sehari setelah pengumuman mereka. Meghan dikabarkan memang tak berencana menetap lama di London. Setelah melakukan pertemuan, artis asal California itu kembali menyusul Archie, sang anak, yang masih tinggal di Kanada bersama pengasuh.

â&;&;â&;&;Saya bisa memastikan bahwa Duchess kini ada di Kanada,â&;&;â&;&; ujar jubir pasangan tersebut.

Jubir kediaman Sussex menolak berbicara detail tentang kepergian Meghan. Terutama soal kemungkinan Harry menyusul Meghan dalam beberapa hari ke depan.

Duke and Duchess of Sussex, gelar pasangan itu, sudah mantap dengan keputusan mereka. Menurut sumber internal The Guardian, pasangan yang menikah pada 2018 itu sudah membicarakan proposal mereka sebelum Natal kepada Pangeran Charles. Saat itu, Harry diminta untuk tak mengungkit usulan tersebut di depan umum.

Namun, mereka tak kunjung mendapatkan kabar dan atau kesempatan bertemu sang nenek, Ratu Elizabeth II. Saat kembali, mereka sampai mengumpulkan semua staf di kediaman Frogmore Cottage Senin lalu. Staf sudah merayu agar Harry bersabar dan menghormati Ratu Elizabeth II. Namun, Harry-Meghan pada akhirnya tetap mengumumkan keputusan tersebut Rabu lalu.

Sejak kejutan itu, BBC menyebutkan bahwa Ratu Elizabeth II lantas menelepon banyak pihak. Termasuk Pangeran Charles, Pangeran William, dan Harry sendiri. Dia meminta istana bisa mencari solusi dalam sepekan ke depan.

â&;&;â&;&;Kita tetap harus mendukung keluarga kerajaan mengingat peran penting mereka dalam pelayanan publik,â&;&;â&;&; ujar Menteri Kehakiman Inggris Robert Buckland.

Graham Smith, jubir lembaga konsultan Republic, mengatakan bahwa keputusan Harry-Meghan bakal membuat pembayar pajak bertanya soal posisi bangsawan. Sebab, beberapa fasilitas â&;&; salah satunya petugas keamanan â&;&; dibiayai negara.

Source : https://www.jawapos.com/internasional/11/01/2020/mundur-dari-kerajaan-inggris-meghan-markle-bertolak-ke-kanada/