Mitsuhiro Matsumoto Bakal Memimpin Badan Kepolisian Nasional Jepang

Mitsuhiro Matsumoto Bakal Memimpin Badan Kepolisian Nasional Jepang

Terbaiknews - Mitsuhiro Matsumoto (58) mantan Kepala Intelijen dan hubungan luar negeri kepolisian Jepang akan menjadi Kepala Kepolisian nasional Jepang 17 Januari 2020. 

Laporan Koresponden â&;ªTribunnews.comâ&;¬, Richard Susilo dari JePANg

, TOKYO - Badan KepoliSian Nasional Jepang akan mengganti posisi kepala dari Shunichi Kuryu (61) kepada penggantinya Mitsuhiro matsumoto (58) pada tanggal 17 Januari 2020 mendatang.

"Kuryu yang memasuki Badan Kepolisian Nasional pada tahun 1981, setelah menjabat sebagai kepala Polisi Perfektur Tokushima dan Kepala Urusan Kriminal dari Kantor Kepolisian Nasional, dan diangkat sebagai Kepala Kepolisian Nasional Jepang, akan menjalani pensiun dan 17 Januari 2020 akan diumumkan resmi penggantinya," ungkap sumber Tribunnews.com, Selasa (14/1/2020).

Selama masa jabatan Kuryu, sebuah kasus sempat mengejutkannya yaitu polisi muda menembak mati polisi seniornya tanggal 11 April 2018 di depan pos polisi Kawase di Kota HiKONe.

Penembak sempat kabur beberapa jam sebelum akhirnya ditangkap dan dimasukkan ke penjara.

Pimpinan kepolisian tersebut akan bertanggungjawab pada acara Olimpiade Tokyo dan Paralympic Games, termasuk bekerja pada penanggulangan terorisme dan serangan cyber.

Kuryu bertanggungjawab dan memerintahkan serangkaian upacara menyusul pergantian tahta Kaisar dan KTT G20 yang diadakan di Osaka tahun lalu.

Pihak kepolisian juga telah mempromosikan langkah-langkah untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas, seperti menyusun kebijakan untuk mengamandemen undang-undang untuk memperkenalkan lisensi baru untuk pengemudi tua dan lainnya.

Mitsuhiro Matsumoto, yang kini masih menjabat Wakil Pimpinan Badan Kepolisian Nasional (58) akan mengambil alih jabatan Kuryu.

Matsumoto bergabung dengan kepolisian pada tahun 1983.

Pada saat gempa besar Jepang Timur, ia adalah kepala Polisi Perfektur Fukushima, mengarahkan kegiatan pencarian dan rekonstruksi.

Dia telah menjabat sebagai Direktur Urusan Luar Negeri dan Keamanan di Badan Kepolisian Nasional, dan telah lama bekerja dalam keselamatan publik dan penanggulangan terorisme internasional.

Di kalangan kepolisian, Matsumoto terkenal sebagai orang yang baik dan disenangi sekitarnya, sangat bijak dalam mengambil keputusan dan memang memiliki keahlian di bidang terorisme internasional.

Sehingga dianggap tepat waktunya diangkat menjelang Olimpiade yang akan diadakan 24 Juli 2020 mendatang.

Source : https://www.tribunnews.com/internasional/2020/01/14/mitsuhiro-matsumoto-bakal-memimpin-badan-kepolisian-nasional-jepang