Keracunan Massal Makanan Diskon, Satu Anak Meninggal, 700 Orang Masuk RS

Keracunan Massal Makanan Diskon, Satu Anak Meninggal, 700 Orang Masuk RS

Terbaiknews - Ratusan orang ini keracunan usai menyantap shawarma yang dijual setengah harga

Sedikitnya 700 orang jatuh sakit seusai menyantap shawarma dengan harga diskon buatan sebuah restoran di Yordania. Keracunan massal ini juga mengakibatkan seorang anak kecil meninggal dunia.

Menyadur Arab News, Kamis (30/7/2020) insiden ini terjadi di distrik Baqa'a yang terletak di barat laut ibu kota Amman, pada awal pekan ini.

"Seorang anak berusia lima tahun meninggal dunia karena keracunan massal," ujar Kementerian Kesehatan Yordania Rabu (29/7).

Kementerian kesehatan menjelaskan setidaknya 100 orang telah dirawat di rumah sakit sejak Selasa (28/7) pagi.

Sehari setelahnya, Rabu (29/7), jumlah pasien korban keracunan meningkat hingga 700.

Investigasi menunjukkan bakteri yang menyebabkan keracunan bersumber dari daging yang ada di shawarma buatan restoran itu.

Keracunan Massal Makanan Diskon, Satu Anak Meninggal, 700 Orang Masuk RS
Ilustrasi Shawarma. (Pixabay/PaulIstoan)

"Tes laboratorium yang dilakukan oleh tim investigasi khusus dari General Food and Drug Administration menunjukkan adanya bakteri pada daging dan unggas," sambung pernyataan kementerian.

Pihak kepolisian setempat telah menangkap pemilik restoran yang menjual makanan ringan berbahan roti yang mengakibatkan keracunan massal tersebut.

Awalnya, pemilik restoran ini menawarkan harga khusus untuk shawarna yang ia banderol satu dinar Yordania atau sekitar Rp 20 ribu.

Mengetahui makanan itu dihargai setengah dari harga normal, warga pun berbondong-bondong membeli shawarma dari restoran ini.