Keamanan Diperketat di Luar Konsulat AS Chengdu, Staf Kemasi Barang

Keamanan Diperketat di Luar Konsulat AS Chengdu, Staf Kemasi Barang

Terbaiknews - CHENGDU - Keamanan diperketat di luar konsulat Amerika Serikat (AS) di kota Chengdupada Sabtu...
CHENGDU - Keamanan diperketat di luar konsulat Amerika Serikat (AS) di kota Chengdu, pada Sabtu (25/7) setelah China memerintahkan penutupan untuk membalas perintah AS menutup konsulat China di Houston.
Aksi saling tutup konsulat itu terjadi di tengah semakin memburuknya hubungan antara dua kekuatan ekonomi terbesar dunia tersebut.
Lambang konsulat di dalam kompleks itu telah diambil saat staf terlihat mendorong troli dan beberapa kendaraan konsulat datang dan pergi.
Kepolisian mengerahkan banyak personel, termasuk yang tanpa seragam, berkumpul di luar kompleks. Mereka menutup jalan di dekat konsulat.

Tak ada komentar dari konsulat AS di Chengdu atau Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Beijing pada Reuters terkait penutupan itu.
Perintah China untuk menutup konsulat Chengdu itu sebagai pembalasan setelah pemerintah Presiden Donald Trump memberi waktu pada China hingga pukul 4 sore pada Jumat (24/7) untuk mengosongkan konsulat di kota Texas.

Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Mike Pompeo menyatakan konsulat itu telah menjadi pusat mata-mata dan pencurian kekayaan intelektual.
â&;&;Konsulat AS di Chengdu juga diberi waktu 72 jam untuk tutup, atau hingga pukul 10 pagi pada Senin (27/7),â&;&; ungkap laporan tabloid Global Times di Twitter.