Kardus Berwarna Biru yang Mencurigakan Diledakkan, Ternyata Ini Isinya

Kardus Berwarna Biru yang Mencurigakan Diledakkan, Ternyata Ini Isinya

Terbaiknews - Pipa yang diduga bom rakitan 

Laporan Tribun Jateng Indra Dwi Purnomo

, PEKALONGAN - Benda mencurigakan berupa kardus berwarna biru, yang berada di depan ATM Mandiri di SPBU Kertijayan, Buaran, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah berhasil diledakkan di laPANgan Kertijayan, Rabu (22/1/2020).

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez mengatakan, setelah dilakukan proses disruptor atau pencerai berai di Lapangan Kertijayan bersama Gegana Brimob Pekalongan diketahui isi barang itu.

Barang mencurigakan itu berisi tiga buah pipa besi yang sudah dicor, jam analog, dan kabel.

"Tadi Gegana meledakkan barang yang diduga bom tersebut sebanyak dua kali. Pertama, sekitar pukul 12.30 WIB dan ledakan kedua sekitar pukul 14.00 WIB," kata AKBP Egy kepada Tribunjateng.com.

AKBP Egy mengungkapkan barang mencurigakan yang dilengkapi detak jam analog ditemukan oleh petugas kebersihan ATM Mandiri yang keMUdian dilaporkan ke Polsek Buaran.

"Dari hasil pemeriksaan benda yang menyerupai bomrakitan tersebut berisi tiga buah pipa besi sepanjang kurang lebih 40 cm dengan diameter 5 cm dan telah dicor, lalu pipa tersebut dirangkai dengan lilitan kabel dan lakban," ungkapnya.

Kapolres menambahkan kejadian tersebut bisa disebut sebagai teror, karena barang yang dicurigai ternyata hanya mirip bom.

Namun, pihaknya akan menerjunkan anggota reskrim untuk melakukan pengungkapan kasus, serta mencari tahu motif dari pelaku yang melakukan teror bom di ATM Mandiri SPBU Kertijayan tersebut.

Sementara itu, Aiptu Kasmui Panit Gegana Brimob Pekalongan mengatakan ada dua langkah yang dilakukan yaitu proses disruptor atau pencerai berai.

Kemudian, langkah yang kedua yaitu disposal atau peledakan yang kedua kalinya ini.

"Hasilnya, ternyata di dalam benda tersebut tidak mengandung bahan peledak maupun paku."

"Hanya, ada pecahan jam analog, lakban, kabel, dan tiga buah pipa panjang 40 cm dan tebal 5 cm. ISiannya cor semen, atas bawahnya dikasih kabel. Persis bom beneran," tambahnya. (Dro)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Polisi Ledakkan Benda yang Diduga Bom Rakitan di Pekalongan, Ternyata Ini Isinya

Source : https://www.tribunnews.com/regional/2020/01/22/kardus-berwarna-biru-yang-mencurigakan-diledakkan-ternyata-ini-isinya