Ilmuan AS Kembangkan Tes Covid-19 Instan, Hasil Keluar dalam 30 Menit

Ilmuan AS Kembangkan Tes Covid-19 Instan, Hasil Keluar dalam 30 Menit

Terbaiknews - Tes Covid-19 instan ini menggunakan air liur untuk mengetahui seseorang terinfeksi virus Corona atau tidak.

Ahli endokrinologi reproduksi Amerika Serikat, Dr. Zev Williams telah mengembangkan tes Covid-19 instan yang hasilnya diklaim akurat dan bisa keluar hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

Menyadur New York Post, Kamis (30/7/2020), ilmuan dari Pusat Kesuburan Universitas Columbia itu menggunakan air liur seseorang dalam pengujian tes infeksi virus Corona ini.

Tes Covid-19 ini untuk sementara diklaim sangat ringkas dan jauh lebih cepat dibanding berbagai metode pengujian yang ada.

Dalam prosesnya, tes Covid-19 instan ini menaruh air liur ke dalam sebuah tabung kecil berisi enzim dan senyawa yang akan menyebabkan reaksi kimia saat dipanaskan.

Warna cairan dalam tabung akan berubah menjadi kuning apabila hasil tesnya positif, dan berubah merah apabila hasilnya negatif.

"Kami ingin merancang satu langkah uji di mana semua pekerjaan dilakukan oleh enzim dan bahan kimia daripada kartrid dan komponen," kata Williams.

Tes cepat mampu mendeteksi sedikitnya satu atau dua salinan virus SARs-CoV-2 dalam mikroliter air liur, menurut sebuah studi pendahuluan yang diterbitkan oleh Williams pada MedRxiv.

Hal itu membuat tes ini dapat mendeteksi infeksi virus pada orang-orang yang hanya memiliki gejala ringan di mana konsentrasi virus dalam tubuh kemungkinan rendah.

“Deteksi batas rendah membantu memastikan bahwa Anda dapat mendeteksi virus pada orang yang terinfeksi, meskipun mereka tidak menunjukkan gejala,” jelas Williams.

Studi, yang belum ditinjau oleh ilmuan lainnya ini, juga mencatat sensitivitas 97 persen dan spesifisitas 100 persen.