Cuaca Buruk, UEA Tunda Peluncuran Roket ke Mars

Cuaca Buruk, UEA Tunda Peluncuran Roket ke Mars

Terbaiknews - OA_show('Banner - Carpet Banner'); Begin Dable...
Begin Dable in-article Widget / For inquiries, [email protected]
End Dable in-article Widget / For inquiries, [email protected]

UNI Emirat Arab kembali menunda peluncuran roket Hope ke Mars yang awalnya direncenakan akan diluncurkan dari Jepang pada Rabu (15/7). Peluncuran kemudian ditunda hingga Jumat (17/7) nanti lantaran cuaca buruk.

"Setelah pertemuan, UAESpaceAgency dan MBRSpaceCentre, melalui diskusi dengan Mitsubishi Heavy Industries mengumumkan penundaan lebih lanjut peluncuran Mars Hope Probe," tulis kantor media Dubai pada Rabu (15/7) seperti dilansir France24.

Sungai Brahmaputra Meluap, 77 Orang Tewas di Assam, India

Disebutkan kondisi cuaca yang tidak stabil di lokasi peluncuran yakni Pulau Tanegashima, Jepang menjadi penyebab penundaan itu. Tanggal peluncuran baru akan diumumkan dalam waktu 24 jam.

UEA yang terdiri dari tujuh emirat menjadi negara Arab pertama yang mengirim roket untuk menjelajahi Planet Mars. Negara Timur Tengah itu merupakan salah satu dari tiga negara yang tengah bersaing menjelajahi Planet Merah bersama Tiongkok dan AS.

"Hope" atau Al-Amal dalam bahasa Arab diperkirakan akan mulai mengorbit Mars pada Februari 2021, sekaligus menandai peringatan ke-50 penyatuan UEA.

Hope akan mengitari planet ini selama satu tahun Mars penuh atau selama 687 hari Bumi. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang dinamika cuaca di atmosfer Planet Merah.(France24)

Mulai Dable in-article Widget / Untuk pertanyaan hubungi [email protected] (in-article) Akhiri Dable in-article Widget / Untuk pertanyaan hubungi [email protected] (end in-article)