Azerbaijan Umumkan 2.783 Tentaranya Tewas dalam Perang di Nagorno-Karabakh Lawan Armenia

Azerbaijan Umumkan 2.783 Tentaranya Tewas dalam Perang di Nagorno-Karabakh Lawan Armenia

Terbaiknews - BAKU- Jumlah tentara yang tewas dalam perang lawan Armenia di Nagorno-Karabakhakhirnya diumumkan...

BAKU, - Jumlah tentara yang tewas dalam perang lawan Armenia di Nagorno-Karabakh, akhirnya diumumkan Azerbaijan pada Kamis (3/12/2020).

Terungkap bahwa hampir 2.800 tentara Azerbaijan terenggut nyawanya dalam pertempuran tersebut, terpatnya 2.783 personel.

Ini adalah kali pertama Azerbaijan merinci kerugian militer yang dialaminya dalam perang yang berlangsung 6 pekan tersebut.

"2.783 prajurit angkatan bersenjata Azerbaijan tewas dalam perang membela negara," kataKementerian Pertahanan di Baku yang dikutip AFP.

Disebutkan pula bahwaidentitas 103 tentara belum didapat melalui analisis DNA, kemudian 100 lebih tentara Azerbaijan hilang

4 Warga Sipil Azerbaijan Terbunuh Terkena Ranjau Darat Armenia

Sebelumnya Armenia telah mengumumkan bahwa 2.317 tentaranya tewas dalam perang di Nagorno-Karabakh, yang juga merenggut sedikitnya 93 warga sipil Azerbaijan dan 50 penduduk sipil Armenia.

Sementara itu sekitar 90.000 orang atau 60 persen dari populasi wilayah sengketa tersebut harus mengungsi.

Perang Azerbaijan-Armenia yang terbaru ini pecah sejak akhir September, menghidupkan kembali konflik dua negara Kaukasus yang bertetangga itu di daerah kantong etnis Armenia di Azerbaijan.

Azerbaijan Minta Ganti Rugi 30 Tahun kepada Armenia atas Kerusakan di Karabakh

Pertempuran terus berlanjut selama 6 minggu meski berusaha didamaikan oleh Perancis, Rusia, dan Amerika Serikat melalui gencatan senjata.

Kedua pihak yang bertikai kemudian menandatangani kesepakatan damai yang dimediasi Moskwa pada 9 November.