Ada 70 Kasus Baru, Total 355 Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terinfeksi Corona

Ada 70 Kasus Baru, Total 355 Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terinfeksi Corona

Terbaiknews - Dua bus tiba di dermaga di dekat kapal pesiar Diamond Princessdengan penumpang yang dikarantina di dalam kapal karena kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona barudi Daikaku Pier Cruise Terminal di Pelabuhan Yokohama Jepang16 Februari 2020. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

, TOKYO- Otoritas Kesehatan Jepang melaporkan, jumlah penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess terinfeksi virus korona (COVID-19) bertambah menjadi 355 orang, per Minggu (16/2/2020).

"Sejauh ini, kami telah melakukan tes untuk 1.219 individu. Dari mereka, 355 orang positif. Dari mereka, 73 individu tidak menunjukkan gejala, " Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato, Minggu (16/2/2020).

Data terbaru menyebutkan, ada 70 penumpang dinyatakan terjangkit virus korona.

Amerika Serikat sedang mempersiapkan evakuasi sejumlah warganya dari Kapal Pesiar Diamond Princess, yang telah di karantina sejak 5 Februari lalu di pelabuhan Yokohama, dekat Tokyo.

Hong Kong juga mengatakan akan mempersiapkan pesawat sewaan bagi 330 warganya yang ada di atas kapal pesiar itu.

Kanada juga mengumumkan keputusan yang sama untuk mengembalikan warga negara yang berada di kapal itu.

Diamond Princess berlayar dari Yokohama pada 20 Januari. Kapal pesiar ini transit di Hong Kong, ketika seorang pria 80 tahun dari Hong Kong turun dan setelahnya teruji positif.

Kakek itu turun di Hong Kong pada 25 Januari, dan memeriksakan dirinya ke rumah sakit pada 30 Januari lalu. Hasilnya Kakek itu dinyatakan positif terinfeksi virus korona.

Dari kasus kakek inilah, pemeriksaan kesehatan dilakukan kepada 3.700 penumpang dan awak Kapal Pesiar Diamond Princess.