238 WNI Pulang dari Karantina Hari Ini, Ini Kata Kemenkes soal Kendala Biaya Kuliah hingga Kesehatan

238 WNI Pulang dari Karantina Hari Ini, Ini Kata Kemenkes soal Kendala Biaya Kuliah hingga Kesehatan

Terbaiknews - Menteri Kesehatan RIdr Terawan bersama bersama Menteri PMK dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo tiba di bandara Lanud Raden SajadNatunaSabtu (15/2/2020). 

- Sebanyak 238 warga negara IndoneSia (WNI) yang menjadi peserta observasi di Natuna, dipulangkan ke daerahnya masing-masing, Sabtu (15/2/2020).

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto menyampaikan, nantinya ada perwakilan yang menjemput di bandara Halim PerDana Kusuma, Jakarta.

Selain itu, Yuri menyebut, 238 WNI tersebut tetap mendapat pendampingan dari pemerinrah daerah setempat, setelah mereka pulang ke daerahnya.

"Akan dilakukan pendampingan oleh pemerintah daerah (Pemda) setempat hingga ke derah asalnya,"kata Yuri di Hanggar Lanud Raden Sajad, Sabtu (15/2/2020), dikutip dari TribunBatam.id

Pendampingan yang dimaksud yakni tentang pendidikan mereka selanjutnya.

Pemda harus memberi penyemangat, karena MUngkin mereka terkejut harus diisolasi selama 14 hari di Natuna.

Sehingga, kondisi tersebut akan berpengaruh pada psikologi mereka nantinya.

Selain itu, Pemda juga diharapkan melakukan pendampingan soal biaya studi para mahasiswa yang berkuliah di Provinsi Hubei, China.

"Mungkin ada kendala nantinya yang dihadapkan kepada mereka, seperti bagaimana pembiayaan mereka saat kembali ke Wuhan untuk melanjutkan studi dan lainnya," jelasnya.

238 WNI Pulang dari Karantina Hari Ini, Ini Kata Kemenkes soal Kendala Biaya Kuliah hingga Kesehatan
Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto. (Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy)

Menurut Yuri, para mahasiswa tersebut kuliah dengan menggunakan beasiswa dari pemerintah maupun perusahaan.

Source : https://www.tribunnews.com/regional/2020/02/15/238-wni-pulang-dari-karantina-hari-ini-ini-kata-kemenkes-soal-kendala-biaya-kuliah-hingga-kesehatan